Wednesday, January 11, 2017

Resiko Dan Kerugian Root Android Yang Anda Harus Perhatikan

Resiko Dan Kerugian Root Android Yang Anda Harus Perhatikan - Pada zaman era modern saat ini penggunaan android mempunyai tingkat konsumen yang tinggi dari mulai anak-anak sampai tua sehingga produsen dari perangkat android juga semakin banyak guna memenuhi permintaan konsumen yang semakin beragam. Kemauan konsumen terkadang membuat mereka melakukan perubahan di sistem android yang semestinya tidak diperbolehkan oleh produsen karena melanggar lisensi produk seperti melakukan root android secara di sengaja merupakan sebuah tindakan yang dilarang karena sudah melampaui batas yang diberikan oleh produsen android itu sendiri. Root sendiri adalah sebuah proses yang bertujuan agar pengguna android mendapatkan akses lebih luas dari sebelumnya atau akses kontrol yang penuh terhadap android yang ia gunakan. Jadi dengan adanya proses tersebut membuat pengguna melakukan seenaknya sendiri seperti memori internal yang sebelumnya dibatasi maka dengan adanya root memory internal bergantung pada memory eksternal sehingga dapat menambah kapasitas daya tampung. Akan tetapi masih ada resiko dan kerugian root android sendiri yang harus anda ketahui agar tidak serta merta melakukan seenak anda saja.

Hal lain yang dapat dilakukan setelah anda melakukan proses root adalah dengan mengubah tampilan sistem dari android tersebut secara sengaja dengan menambahkan fitur yang sebelumnya tidak bisa ditambahkan. Meskipun sederhana namun proses tersebut dapat membahaykan bagi sistem android itu sendiri bagi pengguna android yang masih pemula. Oleh karena itu produsen smartphone sekarang tidak menyediakan akses root di android mereka karena dikhawatirkan mempunyai resiko rusaknya sisitem yang ada di dalamnya. Karena root sendiri dapat dikatakan sebagai pisau bermata dua karena ada dua kemungkinan yang dapat mempositifkan sistem android yaitu bekerja secara maksimal jika digunakan secara tepat atau malah ke arah negatif yaitu akan merusak sistem android tersebut. supaya tidak terjadi root yang dapat membahayakan bagi perangkat android anda maka pada kesempatan ini akan diulas mengenai resiko dan kerugian root android secara efektif agar dapat mengantisipasi jika android anda sudah di root.

Resiko Melakukan Root Android

Pada dasarnya resiko adalah sebuah kemungkinan buruk yang terjadi apabila anda melakukan root di android anda namun dapat merusak sistem dari android tersebut. kegagalan dalam melakukan root pada sistem android pada dasarnya adalah tidak mengikuti langkah-langkah yang tepat sehingga yang sebenarnya harus dilakukan malah tidak dilakukan dalam sebuah proses tersebut. maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut maka dalam kesempatan ini akan diulas secara rinci mengenai resiko dalam melakukan root android :

1. Rentan virus dan malware

Jika penggunaanya kurang tepat setelah dilakukan root pada perangkat anda maka virus yang terbilang berada ditingkat trojan akan menyerang perangkat android anda baik itu lewat file atau jaringan internet. Dengan adanya virus tersebut bukanlah menjadi situasi yang bagus bagi perangkat anda melainkan akan menjadi masalah yang memungkinkan perangkat android anda mengalami hang tiba-tiba sehingga tidak dapat nyala kembali. Atau resiko kecilnya setelah terkena virus adalah perangkat android anda mengalami restart sendiri sampai beberapa kali namun bila dibiarkan juga akan mengakibatkan perangkat anda mati total.

2. Gagal booting

Resiko yang satu ini adalah sebuah resiko yang terjadi ketika anda melakukan booting saat melakukan root di android sehingga saat melakukan root tersebut booting gagal dan bukan malah mendapatkan kontrol akses yang penuh melainkan merusak sistem itu sendiri yaitu pada saat proses booting. 

3. Merusak sistem

Salah satu resiko tersebut adalah yang harus anda perhatikan untuk di hati-hati dalam melakukan sebuah proses root. Karena jika proses root android tersebut gagal 100 persen maka akan merusak sistem yang ada didalamnya sehingga dapat menjadikan perangkat android anda mati total secara mendadak.

Untuk itu untuk mengantisipasi hal tersebut anda diharuskan selalu hati-hati dalam melukakan sebuah proses root di perangkat anda agar tidak terjadi sebuah resiko dan kerugian root android.

Kerugian Dalam Melakukan Root Di Android

Dalam sebuah proses android setelah anda berhasil dalam melakukan proses android maka akan terdapat kerugian dalam melakukan proses root tersebut meskipun proses yang anda lakukan terbilang berhasil. Berikut adalah terkait dengan kerugian dalam melakukan root di android.

1. Garansi akan hilang

Lisensi sebuah garansi adalah sebuah fasilitas dari produsen untuk konsumen jika produknya mengalami kerusakan berat sehingga perlu dilakukan garansi. Namun dalam proses root dengan otomatis akan menghilangkan garansi sehingga produsen tidak akan melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan sistem android itu sendiri.

2. Menurunya peforma

Jika anda melakukan root maka salah satu halyang dapat terjadi adalah penurunan peforma secara drastis karena efek dari root sendiri akan mengakibatkan virus menyebar dalam perangkat android anda.

Dengan beberapa resiko dan kerugian root android diatas dapat menjadi sebuah informasi bagi anda yang mempunyai keinginan dalam melakukan root di perangkan android anda karena banyak resiko dan kerugian yang anda dapat salah satunya juga turunya harga handphone yang di root.

Resiko Dan Kerugian Root Android Yang Anda Harus Perhatikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jokobotak

0 komentar:

Post a Comment