Friday, June 19, 2015

Perangkat Keras Dan Lunak Pada Komputer

Perangkat keras dan lunak pada komputer – Anda pasti sudah banyak yang mengenal komputer dan bahkan sudah banyak yang menggunakan komputer untuk keperluan pekerjaan anda. Tahukah anda jika komputer yang sering anda gunakan itu terdiri atas beberapa komponen software dan juga hardware. Komponen komponen komputer hardware itu adalah komponen yang keras dan sering disebut dengan istilah perangkat keras, sedangkan software itu merupakan komponen komputer yang lunak dan sering disebut dengan perangkat lunak.

Perangkat keras atau yang disebut dengan hardware itu merupakan suatu perangkat berupa komponen fisik yang dapat membentuk komputer, adapun perangkat lunak atau software itu merupakan aplikasi aplikasi atau program yang terdapat didalam komputer yang bisa digunakan untuk membantu anda didalam menyelesaikan tugas tugas pekerjaan anda. Masalah mengenai perangkat keras dan juga perangkat lunak tersebut akan dijelaskan secara lebih detail pada ulasan berikut ini.

Perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer atau yang disebut hardware adalah semua bentuk fisik dari komputer yang membentuk sebuah komputer. Hardware atau perangkat keras memiliki sifat yang bisa diraba dan juga bisa dilihat dalam bentuk yang nyata. Salah satu bentuk dari perangkat keras pada komputer motherboard. Perangkat keras yang satu ini merupakan sebauh papan sirkuit yang terdapat didalam komputer. Perangkat yang satu ini memiliki fungsi untuk tempat beberapa komponen komputer, misalnya adalah RAM, Processor, Hardisk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bentuk dari motherboard itu sendiri berupa PCB, motherboard juga mempunyai chip BIOS, jalur dan juga konektor yang memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat yang ada.

Bentuk perangkat keras yang lainnya yaitu processor. Processor itu merupakan sejenis IC yang berfungsi untuk mengontrol semua jalannya struktur sistem komputer. Processor juga sering disebut CPU atau central processing unit. Bagian ini bisa diibaratkan sebagai otaknya sebuah komputer. CPU atau processor ini memiliki tugas untuk melakukan seluruh perhitungan dan juga memerintah suatu program yang mau dijalankan komputer. Pada dasarnya masih banyak lagi bentuk dari perangkat keras yang lainnya seperti Hard disk, Pc cooler, Monitor, Ssd, dan lainnya.

Perangkat lunak komputer

Perangkat lunak komputer atau sering disebut software adalah sejenis data yang telah disimpan dalam bentuk digital pada komputer, termasuk didalamnya adalahdokumentasi, program dan juga berbagai informasi yang dapat dibaca dan juga ditulis pada komputer. Perangkat lunak atau software bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat yang tidak dapat diraba atau suatu perangkat yang tidak memiliki wujud secara nyata. Sistem operasi merupakan salah contoh perangkat lunak yang terdapat pada komputer. Sistem operasi merupakan bagian dari perangkat lunak yang bekerja pertama kali pada saat komputer itu dinyalakan. Sistem operasi ini bekerja untuk mengatur semua proses yang terjadi pada komputer termasuk memanajemen pemakaian memori dan juga menerjemahkan beberapa masukan. Adapun contoh dari sistem operasi itu sendiri meliputi, windows, DOS, Unix, Imb, dan lain lain.

Perangkat Keras Dan Lunak Pada Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jokobotak

0 komentar:

Post a Comment